Tuesday, March 23, 2010

Kuliah Kerja Nyata (KKNM) Desa Jati Subang - Part 1

nah, sekedar ingin berbagi aja nih.. siapa tau ada ade angkatan dibawah atau temen-temen semua yang belum ngambil KKN di UNPAD.

panduan ini buat mereka yang kebetulan kebagian ngambil lokasi KKN di Desa Jati, Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang.

sebelum kita semua bertugas disana, ada baiknya melakukan survei terlebih dahulu. mulai dari mencari rumah buat kita tinggal, sampai perhitungan biaya sewa dan jarak rumah dengan Balai Desa (karena akan sangat sering bulak balik balai desa).

di tahun saya (periode Januari- Februari 2010) kebetulan DPL saya sudah menyediakan penginapan, namun dikarenakan ketidakcocokan pilihan yang diberikan DPL dengan kemauan anak-anak.. :P, kita akhirnya cari tempat penginapan sendiri (meskipun ternyata tempat ini termasuk kedalam tempat yang sudah dianjurkan DPL). Pokoknya survei aja dulu..

jangan lupa buat rapat bareng-bareng masalah makanan. Sakral sekali. mulai dari budget sampai pilihan apakah mau masak sendiri atau minta masakin tetangga. buat yang mau masak sendiri, disarankan berfikir dua kali. berhubung di tempat saya menginap saat itu peralatan masak kurang memadai (yang akhirnya malah bikin repot dan berantakan kalo masak sendiri) maka kami memutuskan untuk sewa jasa tetangga buat masakin. tapi diingat juga budget yang mau dikeluarkan perorang setiap minggunya.
Pengalaman saya berkata,

mengirit = 3000 per orang = 2 kali makan (siang, malem) = gorengan, sayur, sambel ijo alias sambel cengek dan tomat doank.

nah, jadi kalo pengen makan ayam, tinggal ditambah aja budget-nya.. ( eits, nasi not include loh.. nasinya masak sendiri... :D )
jadi kalo nasinya mau dimasakin juga, tinggal itung lagi budget-nya.. tambahin lagi deh...

yang gak kalah penting, KOPI, CEMILAN, AIR MINUM, BERAS (kalo nasinya masak sendiri).

untuk perlengkapan pribadi yang wajib dibawa selama bertahan hidup disana (diluar pakaian, alat mandi dan kebutuhan pribadi seperti obat, dll) :

- Jaket Almamater
- Topi KKN (dikasih dari UNPAD)
- sepatu dan sendal jepit (sendal jepit wajib bawa karena pasti bakalan kepake kemana mana)
- jangan lupa spanduk identitas buat dipasang di depan rumah tempat kita mondok.
- kamera (sangat diwajibkan, minimal 1 kelompok ada 2 kamera)
- sunblock, handbody, lotion (apa pun untuk melindungi dari terik matahari)
- lotion anti nyamuk (atau kalau mau boleh obat nyamuk bakar, semprot, apa pun lah.. nyamuknya banyak banget disana bo...)
- terakhir dan sangat penting, KIPAS (panas gila...)




itu yang paling penting dibawa, buat tambahannya.. terserah mau bawa apapun. disarankan gak usah bawa macem macem. karena bakalan males banget buat dandan (buat ceweknya) atau buat nampak paling gaul disana (buat cewek dan cowok). bukan apa apa nih... yang ada berdasarkan pengalaman, kita malah bakal kerepotan bawa barang-barang yang pada akhirnya gak akan kita pakai.

buat stok baju, bebas bawa berapapun. sering ganti atau gak tergantung gimana semangat kamu buat nyuci baju sendiri. tapi, ada kabar gembira (sayangnya baru diakhir-akhir minggu KKN T___T) seorang tetangga yang kurang beruntung perekonomiannya dengan senang hati akan menawarkan jasanya untuk mencuci baju kita. tapi inget buat bawa detergen sendiri, karena si ibu "IEU" (panggilan sayang buat ibu itu) tidak akan mencuci baju kita kalau detergennya dari dia sendiri, daaaannn baju juga tidak disetrika. kalau mau setrika, tambah lagi bayarannya...

hm.. apalagi yah? oh ya, barang-barang yang gak perlu dibawa,

barang-barang yang sekiranya memerlukan watt yang besar.

dikarenakan watt disana gak sebesar dirumah kita teman-teman..., hanya 450 watt saja. apalagi kalau malem dipotong lampu pijar yang udah disediakan dari pemilik rumah (tau sendiri kan kalo lampu pijar watt-nya berapa...), dijamin bakal sering turun deh sekringnya.. wkwkwkwk

nah, gak kalah penting, yang mau bawa kasur, diperbolehkan... silahkan.. mengingat rumahnya kosong.. tapi kalau ada perjanjian dengan pemilik rumah buat penyediaan tempat tidur, sleeping bag buat jaga-jaga boleh dibawa..

sama tissue... berdasarkan pengalaman, tissue sangat penting dan barang yang paling sering habis. buat ngelap piring.. ngelap muka... ngelap lantai.. ngelap macem-macem deh..

sementara ini cukup sekian dulu. untuk cerita selanjutnya under maintanance yah...

No comments:

Post a Comment