Friday, April 16, 2010

Kuliah Kerja Nyata (KKNM) Desa Jati Subang - Part 2

It's about what a great and what the worst

sehari-hari makan dengan gorengan, bener-bener deh, yang namanya KKN tuh, berasaaa.. banget kalo lagi kayak gini. makan cuman ada gorengan, mau makan enak jauh kemana-mana, uang gak cukup. pokoknya bener bener perjuangan.


tapi bukan berarti kita selama disana makan cuma gorengan aja nih.. sempet mampir juga beberapa makanan kota hasil bawaan temen-temen kita yang sempet pulang ke Bandung. Setiap mereka yang sempet untuk pulang dulu, diwajibkan membawa oleh oleh terutama makanan buat mereka yang bertahan di Subang. Alhasil, J.Co sempet mampir kok ke tempat karantina. Udah gitu karena salah satu program kita sukses, sang Kordes yang baik traktir kita KFC ( di Subang cuma ada ini..). tapi yang paling juara kata temen-temen ( saya gak nyoba, kehabisan....T____T ), yaitu sate keong yang dibikin sama Dio dkk. yummy katanya...


tapi bukan bearti di Desa Jati gak ada makanan yang enak, now, i'll tell you all the greatest food that you can find around Desa Jati.

first, " A Y A M K A R A P Y A K "


dari namanya aja udah aneh, KARAPYAK. maksud dari kata itu sendiri saya juga gak tau. tapi yang pasti harus dicoba. bintang lima deh. Ayam Karapyak adalah sejenis ayam bakar yang diberi bumbu sambel kecap yang khas dan beda dari sambel kecap yang biasanya isinya cengek (cabe rawit) dan bawang doank. Yang bikin beda, sambel dari si ayam karapyak ini, enak banget, dan pas banget dengan ayam bakarnya. Apalagi dimakan setelah kita selesai mengabdi pada masyarakat dengan mengadakan pengajaran sama murid SD (cieee...bahasanya) wuiiihhh.. sedep boy..
ditemani sebotol teh botol dingin bersama pemandangan jalan raya cipunagara yang gak begitu reme. plus lirikan mata orang-orang desa. sedep banget dah ayam KARAPYAK ini.
biasanya si mang tukang ayam, mangkal depan sekolah sekitar jam 11 siang. kalo lebih pagi dari itu belum ada. jadi pas sama waktu makan siang. selama di Subang, gak pernah nemuin si mang mangkal selain di depan SD. Susupan Mulya 2, soalnya si mang ini langganan si APIH (panggilan sayang buat kepala sekolah disana). tapi di akhir perjumpaan, si mang bilang, " Neng, kalo mau cari saya, ada di depan pasar Pagaden. Kalo malem saya buka disana." (telat si mang bilangnya)
Jadi jangan khawatir kalo kalian nanti pengen makan ayam bakar yang enak tapi gak ketemu, tinggal susulin aja ke depan Pasar Pagaden. tapi bukanya mulai sore.

1 porsi ayam bakar (ayam sayur) + nasi (banyak banget) = Rp 8.000,00 saja
1 porsi ayam bakar (ayam kampung) + nasi = Rp 9.000,00

kalau tambah minum (teh botol) + Rp 2.500,00

murah kan? so.. silahkan mencoba.

ada lagi makanan lain. favorit anak-anak. "BASO URAT PAK MAN"

kenapa jadi favorit, karena inilah makanan pengganjal yang paling pas sama porsi perut. tempat makannya enak, bersih dan ada TV-nya pula. di tambah rasa basonya yang beneran enak. Gak heran anak-anak rela jalan jauh dari rumah karantina ke Dusun Talaga jalan kaki cuma buat makan baso ini (kadang kita nebeng mobil bak..hihihi..).

seporsinya Rp 5.000,00 saja.



so, buat kalian yang nanti mau ambil Desa Jati buat lahan KKN.. jangan pernah ngaku udah ke Jati kalau belum makan baso yang satu ini.. dijamin, enaakkk...

No comments:

Post a Comment